Senin, April 12, 2010

"Tangan Kanan" Noordin M Top Terserang Malaria

Noordin M Top

Medan, (tvOne) Senin, 12 April 2010 14:59 WIB

Salah seorang tersangka teroris yang bernama Yusuf Arifin alias Rambo mengalami sakit malaria sehingga belum diberangkatkan ke Aceh bersama lima tersangka lainnya. "Dia (Yusuf Arifin) tinggal (di Medan) karena sakit malaria," kata Kabid Humas Polda Sumatra Utara Kombes Pol Baharudin Djafar di Medan, Senin (12/4).

Saat ini, kata Baharudin Djafar, Yusuf Arifin masih menjalani perawatan di RS Bhayangkara di Mako Satuan Brimob Polda Sumut. Polda Sumut belum memberangkatkan Yusuf Arifin ke Aceh karena menderita penyakit tersebut. "Kalau sudah sembuh, dia akan diberangkatkan," kata Baharudin.

Ia menjelaskan, bersama Jafar alias Abu Musa yang telah diterbangkan ke Aceh terlebih dulu, Yusuf Arifin juga diketahui sebagai orang terdekat gembong teroris Noordin M. Top yang telah tewas sebelumnya. "Ke mana saja Noordin M. Top pergi, mereka berdua (Jafar alias Abu Musa dan Yusuf Arifin) selalu mendampingi," kata dia.

Wakapolda Sumut Brigjen Pol Syafruddin mengatakan, Yusuf Arifin alias Rambo diketahui memiliki keterlibatan dalam pelatihan teroris di Aceh. "Yusuf Arifin juga pernah terlibat kontak senjata dengan pasukan Detasemen Khusus 88 Anti Teror di Lamkabue, Aceh Besar," kata Wakapolda.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah memberangkatkan lima tersangka teroris yang ditangkap pada Minggu (11/4) dinihari ke Aceh. Mereka menggunakan pesawat Susi Air yang diterbangkan dari bagian kargo Bandara Polonia Medan.

Lima tersangka teroris itu adalah Qomaruddin alias Abu Musa alias Mustaqim alias Abu Yusuf alias Hafshoh, Pandu Wicaksono Widyan Putro alias Abu alias Abu Asma, Bayu Seno alias Bayu alias Budi alias Rahmat alias Tono. Kemudian, Ibrohim alias Deni alias Suramto dan Jafar alias Lutfi alias Upen alias Abu Musa. (Ant)

Bookmark  and Share